Selasa, 25 Desember 2012

10 Tips Jitu Merawat Laptop

10 Tips Jitu Merawat Laptop
Merawat Laptop berbeda dengan merawat komputer dekstop. cara merawat laptop tidaklah sulit walaupun begitu laptop juga membutuhkan perhatian/perawatan juga agar tetap awet, agar bisa dipakai sampai tua dan body-nya tetap bagus dan sexy.

Laptop itu barang elektronik yang sangat sensitif, bila tidak dirawat dengan baik maka laptop tersebut akan sering berpaling ke tukang service laptop. Perlu diketahui juga, komponen laptop lebih mahal dibandingkan komponen komputer dekstop atau PC.
Nah, maka dari itu mari kita bahas bagaimana cara merawat laptop dengan 10 Tips Jitu Merawat Laptop untuk segala jenis laptop seperti Acer, DELL, Toshiba, HP, Asus, Axio, dll :

1. Jangan Sembarangan Mendownload Software - Software dari internet   Biasanya nih, kalau ada koneksi internet kenceng alias ngebut, pasti kerjanya langsung download - mendownload. Usahakan jangan download software yang tidak jelas asal usul silsilah keluarganya, karena bisa membahayakan diri kita. Pakailah software - software yang telah didapatkan dari paket laptop waktu pertama beli. Jika software hasil download sebaiknya scan dulu dengan antivirus paling jitu.

2. Jangan Menginstal software - software Yang sekiranya Jarang dipakai dan Tidak berguna    Buat apa beli duren tapi tidak dimakan. betul tidak? seperti halnya software yang sudah di instal, jika tidak dipakai dan tidak berguna maka hanya akan menjadi sampah saja dan membuat beban komputer.

3. Jangan Meletakkan Laptop diatas kasur saat sedang menyala  Dampak yang ditimbulkan cukup besar, beberapa jam saja laptop diletakkan diatas kasur dapat menyebabkan kerusakan pada adaptor laptop.

4. Jaga kebersihan Laptop anda    Usahakan laptop anda tidak boleh ada debu sama sekali, selalu setiap habis dipakai lap dengan kain lembut agar bekas debu hilang. Pakai pelindung layang dan pelindung keypad juga kalau mampu membeli.

5. Hindari getaran elektromanetik    Jauhkan laptop anda dari alat - alat elektromagnetik seperti alat pengeras suara, loudspeaker, mesin, handphone, dan sumber getaran lainnya.

6. Rapikan Kabel - Kabel yang terhubung    Sebisa mungkin kabel - kabel ke laptop itu harus tertata rapi, jangan sampai membuat orang lain tersandung. Ini dapat mengakibatkan kerusakan pada kabel karena tertarik dan membuat orang terluka.

7. Rawatlah Baterai laptop secara Teratur    Baiknya anda sebelum memakai laptop baterai diisi penuh terlebih dahulu. Dengan catatan saat sedang diisi tidak dimainkan. Setelah baterai penuh cabut chargernya dan mainkan sampai baterai sisa sedikit lagi. Jaga sirkulasi udara juga, karena ini sangat penting apabila tidak terjadi sirkulasi udara yang lancar maka dapat menyebabkan over-heating.

8. Jangan menaruh benda diatas laptop    Apabila anda menaruh benda - benda yang berat diatas laptop dapat menyebabkan kerusakan pada layar monitor, dan ini membuat si laptop berpaling ke tukang service.


9. Jangan sekali - sekali untuk mencoba Memindahkan laptop saat Masih hidup. 
    Laptop yang masih hidup atau belum di shutdown/sleep berarti harddisknya  juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder, itu akibatnya sangat fatal.

10. Jika laptop bermasalah, jangan coba - coba untuk mencoba betulkan sendiri.
      Apabila laptop anda bermasalah lebih baik menyerahkannya ke tukang service terdekat. karena jika membetulkan sendiri bisa - bisa kerusakan menjadi semakin berat. Apalagi kalau garansi masih ada lalu anda membongkar laptop sendiri dan merusak stiker garansi yang masih ada pada laptop. (gk komentar deh)

Dari 10 tips diatas, ada yang paling amat sangat penting, yaitu :
"  KARTU GARANSI JANGAN SAMPAI HILANG "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar